Pengertian www

Pengertian www adalah web menurut sebagian orang yang ingin menyebutnya dengan ringkas. www itu sendiri adalah sistem pengiriman dokumen tersebar ke seluruh dunia. Web menggunakan arsitektur hyperlink, yaitu adanya kaitan antara satu dokumen web dengan dokumen web lain. Dengan adanya hyperlink ini kita bisa mendapatkan kaitan dokumen www yang satu dengan yang lainnya secara mudah. Dengan demikian, kita tidak akan bingung untuk mencari dokumen www yang satu dengan yang lainnya karena dengan hyperlink berbagai macam dokumen yang terkait bisa di hubungkan satu sama lain dengan mudah.
Pengertian www sendiri dapat kita telusuri dari kepanjangan www. Singkatan www berasal dari frasa ‘world wide web’ atau jika diterjemahkan secara kasar dalam bahasa indonesia menjadi jaringan dunia raya.
Informasi yang disajikan dalam halaman www bisa ditampilkan dalam berabgai macam format. Ada format teks, format grafis, format suara, video, dan lain-lain. Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh www ini maka tak heran jika www menjadi salah satu ikon dari kemajuan teknologi saat ini. Fitur-fitur www menjadikannya sebagai salah satu layanan internet yang makin berkembang, paling popular dan paling banyak digunakan.
Menurut salah satu sumber yang berhasil saya himpun, web merupakan aplikasi client – server yang dirancang agar pemakai dapat mengambil informasi atau dokumen di internet tanpa harus mengetahui dimana informasi tersebut disimpan. Meskipun sumber tersebut belum berhasil saya konfirmasi, namun jika meninjau pada hal ini kita bisa mendapatkan semacam kesimpulan bahwa ketika kita membuka halaman www untuk mencari informasi kita tidak perlu harus mengetahui nama file dan di direktori mana dokumen disimpan. Jadi kita hanya perlu mengetahui alamat websitenya. Sebuah alamat web di internet disebut URL (Uniform Resource Locator).
Contoh URL yang sangat terkenal misalnya http://www.google.com.
Jadi pengertian www adalah jaringan dunia raya. Meksipun tulisan diatas belum sempurna, namun kami berharap bahwa tulisan tentang pengertian www ini bagi kita semua adalah bermanfaat.