Pengertian Jaringan komputer

Pengertian Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Jaringan komputer ini juga memerlukan perangkat-perangkat lain pendukung komputer. Media untuk menghubungkan jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel. Hubungan yang tanpa kabel ini biasa disebut sebagai wireless.

Pada intinya sebuah jaringan komputer tujuannya adalah memungkinkan pengguna jaringan dapat saling melakukan pertukaran informasi. Informasi di sini bisa berupa dokumen dan data. Termasuk juga didalamnya aktivitas pencetakan pada printer yang sama. Salah satu fungsi jaringan komputer secara teknis adalah bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan komputer.

Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan komputer disebut dengan node. Menurut salah setu literatur, sebuah jaringan komputer bisa berupa dua node sampai puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Semoga pengertian jaringan komputer diatas dapat membantu anda.