Pengertian software



Pengertian software atau perangkat lunak adalah program yang berjalan di dalam sebuah komputer. Untuk menjalankan software sebuah komputer harus terlebih dahulu terisi oleh sistem misal linux atau windows xp. Sistem untuk menjalankankomputer ini juga merupakan sebuah software. Dan lebih dikenal sebagai software sistem operasi.
Secara definisi, pengertian software adalah perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer. Itu merupakan pengertian software menurut wikipedia.
Sebagaimana hal-hal lainnya, software memiliki beberapa jenis dan macam. Macam software atau jenis software teresebut dapat anda lihat pada informasi di bawah ini.
Software aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti microsoft office atau OpenOffice.org.
Software Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu, windows, Mac OS.
Software pengembangan (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. Software ini digunakan untuk membuat software. Singkatnya, ini adalah jenis software yang digunakan untuk membuat software lainnya.
Software pengendali hardware (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.Dalam hal ini, scanner adalah hardware yang dikendalikan oleh software.
Software menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
Software bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
Software gratis (freeware)
Software uji coba (shareware / ‘trialware)
Software perusak (malware)
Nah dari sini, anda bisa mengetahui apa itu pengertian software. Sehingga anda tidak perlu bingung ketika ada orang atau informasi yang misalnya memberikan penawaran download software gratis dan lain-lain, karena anda sudah mengetahui pengertian software.