Pengertian email

Pengertian email dapat dianggap memiliki pertalian istilah dengan beberapa hal sebagai berikut; surat elektrononik. Hal ini karena email adalah kepanjangan dari electronic mail. Sehingga jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi surat elektronik. Surat dalam media elektronika, istilah ini lebih sering disebut dengan e-mail atau email.
Seperti yang telah disebutkan di muka, E-Mail adalah singkatan dari Electronic Mail. Pesan, atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dengan metode tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Untuk menerima email, kita memerlukan alamat email. Alamat email ini gunanya hampir sama seperti nomor telepon. Salah satu angka (dalam email disebut sebagai karakter) saja, maka dipastikan email tidak akan diterima.
Dalam perkembangannya, ada yang menyebut sebuah mailing list sebagai sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak alamat email. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@namadomain.com, misalnya: akuanaksehat@yahoo.com
Pengertian e-mail yang tidak jarang ditulis email saja diartikan sebagai surat elektronik. Sebagian orang mungkin pernah mengetahui singkatan surel dari surat elektronik. Namun pada dasarnya sama dengan surat konvensional yang biasa dikirimkan melalui POS, perbedaannya adalah medianya. Jika melalui surat konvensional surat ditulis diatas kertas, dengan e-mail surat ditulis dalam bentuk elektronik. Jadi pengertian email adalah surat elektronik.