Pengertian Program

Pengertian Program adalah bermacam-macam tergantung dari sudut pandang yang mana kita melihatnya. Misalnya, pengertian Program dalam dunia komputer tentu berbeda dengan pengertian Program pada acara-acara TV. Mungkin ada orang bertanya tentang pengertian Program semacam ini “Apa itu program?” “apakah program itu” dan lain-lain. Nah, kali ini kita akan berbicara mengenai pengertian program dalam konteks komputer.
Menurut saya, pengertian program adalah susunan instruksi logis untuk komputer, yang ditulis atau disusun dalam bahasa tertentu yang dikenali oleh mesin komputer. Untuk bisa berjalan, bahasa program ini kemudian dieksekusi atau diproses oleh komputer. Dengan kata lain, program adalah kesatuan script-script pada bahasa mesin yang bertujuan untuk mengendalikan kinerja komputer.
Sebagaimana yang kita ketahui, komputer adalah mesin. Untuk mengendalikan kerja komputer, kita perlu sebuah sistem kendali pada mesin ini. Jika manusia bisa diperintah dengan bahasa manusia, maka untuk memerintah komputer, perlu bahasa tersendiri. Kesatuan bahasa komputer inilah yang menurut saya disebut sebagai program.
Bahasa pemrograman ada berbagai macam, misalnya bahasa Assembly, C++. Dalam pemrograman, setelah anda menulis script-script atau baris-baris program, setelah scrip tersebut anda jadikan program maka script-script tersebut nantinya akan diproses oleh komputer. Jadi pada dasarnya, sebuah program tersusun atas script-script program.
Jadi pengertian program ini merupakan susuan dari baris-baris perintah untuk diproses oleh komputer. Sekian artikel mengenai pengertian Program, semoga menambah pengetauan anda.