Pengertian Komputer

Pengertian komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Perumusan prosedur ini menurut saya sudah dilakukan menggunakan alur tertentu yang disebut sebagai sebuah software. Jika komputer adalah perangkat kerasnya (barang fisiknya) maka software adalah perangkat lunak yang mengatur jalannya komputer.
Kata komputer menurut salah satu sumber semula dipergunaan untuk merujuk pada orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian bergeser kepada mesin itu sendiri. Barangkali ini berkaitan dengan asal muasal kata komputer itu sendiri yang ditengarai berasal dari bahasa italia; computare yang artinya; menghitung.
Dalam dunia komputer, pada awalnya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
 Fungsi komputer saat ini sudah mencakup berbagai hal yang oleh penggunanya mungkin tidak berhubungan sama sekali dengan pengolahan matematika. Ambil contoh ketika komputer digunakan sebagai alat untuk permainan atau games komputer. Mereka, orang yang memainkan games komputer, sama sekali tidak berurusan dengan perhitungan matematika. Mereka tinggal bermain dan bermain.
Seiring dengan kemajuan teknologi pula terminologi komputer tidak dapat dapat terelakkan mengalami sejumlah pergeseran. Misalnya, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah komputer yang lebih komperehensif atau mencakup berbagai hal sebagai berikut; komputer adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer. Bahkan berbagai ahli pun memiliki sedikit perbedaan dalam mendefinisikan pengertian komputer. Misalnya, dalam sebuah literatur yang saya temukan menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
 Nah terlihat bukan, bahwa pengertian komputer itu sendiri mengalami pergeseran. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Bahkan dalam sebuah artikel tersebut bahwa Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Meskipun saya pribadi tidak tahu siapa charles Babbage itu, namun jika anda ingin mengetahui pengertian komputer lebih lanjut, saya harap anda berhasil.