Membuat Website Sendiri


Pelatihan yang diselenggarakan KOS, sedikit demi sedikit membuka pikiran, bahwa membuat website sendiri itu tak rumit, malah mendatangkan profit. Selain itu, KOS tidak hanya mengukuhkan eksistensinya sebagai komunitas belajar website saja, tetapi juga melebarkan sayap, menjaring relasi, memperbanyak anggota serta mengajarkan berwirausaha melalui dunia maya. “Kami terberttuk sejak tahun 200?. Sekarang anggotanya seribu lebih,” kata M Maulia Mansuri (28), penggagas komunitas ini.

Kehadiran mereka untuk mengikis stigma bahwa website itu mahal dan hanya perusahaan atau institusi resmi saja yang mampu membuatnya. Di komunitas ini siapapun bisa belajar untuk membuat web secara sederhana dan mendapat bimbingan dari ahlinya.

“Awalnya KOS hanya sekumpulan pemilik blog. Tetapi kami melihat banyaknya orang yang tidak mengerti jika membuat web itu mudah, komunitas ini berubah menjadi wadah untuk belajar website.”

Maulia berharap ke depan semakin banyak orang sadar media ini dan memanfaatkannya dengan benar. Mitos membuat web yang sulit mulai sekarang harus dikikis, karena perkembangan teknologi telah membuat hal-hal yang dylunya rumit menjadi mudah.

Menurutnya, website adalah media yang bagus dan efisien. Dengan modal kecil, tetapi manfaatnya sangat besar. Biaya regristrasi keanggotaan hanya Rp 350 ribu. Maulia menjamin, dengan biaya itu siapa pun pasti bisa membuat dan mempunyai website sendiri.

“Salah satu programnya yakni membuat lokakarya web desain dalam sehari yang diikuti oleh berbagai kalangan,” kata pria yang mengelola lebih dari 40 website tersebut.

Dari sanalah komunitas ini lama-lama berkembang. Tidak hanya itu mereka juga menjalin kerjasama dengan perusahaan provider website, Sitekno, yang membuat KOS makin tumbuh dan berkembang.

KOS sebagai penyelenggara pelatihan web sementara Sitekno sebagai perusahaan penyedia layanan alamat website (domain) dan tempat menaruh file (hosting) asal Bandung.

Simbiosis mutulaisme ini tentu menguntungkan kedua belah pihak. “Bagi Anda yang tertarik dengan komunitas ini bisa menghubungi nomor 085740952299,” pungkas-nya. (artatya kusuma verdana)
Demikian tadi artikel dari Jogjakarta Post yang berhubungan dengan Membuat Website Sendiri.