Potensi Teknologi Komputer

Seperti telah kita ketahui teknologi komputer mempunyai potensi yang cukup besar untuk didayagunakan disegala bidang. Menurut Eko Nugroho ada 5 kemapuan dasr dari teknologi computer,
1.    Kemampuan untuk melaksanakan perhitungan dengan cepat , teliti dan handal
    Kemampuan ini sebenarnya adalah kemampuan instrinsik perangkat keras  komputernya sendiri. Computer yang beredar dipasaran sekarang mampu bekerja dengan kecepatan lebih dari 2 milyar instruksi perdetik. Jadi setiap detik computer sanggup mengerjakan lebih dari 2 milyar perintah. Bila diandaikan orang sanggup mengerjakan 1 perintah dalam 5 detik, maka untuk mengerjakan 2 milyar perintah diperlukan waktu lebih dari 300 tahun jam kerja orang. Bila seorang digaji Rp 15.000.000/tahun maka 1 detik computer bernilai Rp 450.00.000.
    Dari aspek ketelitian computer sanggup bekerja dengan ketelitian sampai 15 digit signifikan untuk computer yang bersiat general purpose, untuk yang bersifat special purpose ketelitian bisa mmenncapai ratusan digit. Berikut contoh pengaruh ketelitian terhadap perhitungan bisnis , misal pak Edi mennyimpan uang sebesar Rp100.000.000,- ( serastus juta rupiah) dalam deposito bulanan pada bank X. bunga deposito 17%, bunga yang harus menjadi milik Pak Edi adalah 1.41666% X Rp 100.000.000,- = Rp1.416.666,-. Oleh bank bunga pak Edi dibulatkan menjadi 1.41%, sehingga yang diterima pak edi hanya Rp1.410.000. ini adalah keuntungan pada setaiap bulan dari seorang nasabah. Berapa besar keuntungan jika dikalikan dengan nasabah yang jumlahnya ribuan.
    Dalam hal keandalan, ap[abia semua kondisi seperti listrik, suhu ruangan , kelembapan terjaga dengan baik , maka kemungkinan komuter melakukan kesalahan adalah sangat kecil, meskipun kompuuter dipaksa untuk bekerja  24 jam sehari dan 7hari seminggu. Bandingkan dengn rata-rata manusia yang hanya mampu bekerja tidak lebih dari 7 jam sehari.
2.    Kemampuan untuk menyimpan dan mengolah data dalam jumlah banyak. 
Pada saat ini, computer yang banyak dimasyarakat mempunyai memiliki kapasitas simpanan sebanyak 250 GB. Kapasitas ini setara jutaan lembar kertas. Hal inio masih ditambah dengan waktu akses yang hanya dalam orde detik untuk data dialokasi manapun.
3.    Kemampuan untuk melakukan komunikasi  data
     Teknologi telekomunikasi pada masa sekarang sudah menjadi bagian yang tidak tertpisahkan dari suatu sistem informasi.Gabungan dari teknologi computer dan teknologi komunikasi melahirkan suatu sistem informasi yang mampu mengintegrasikan berbagai pusat pengolahan data yang ada dibanyak lokasi menjadfi suatu sistem informadi yang utuh.
4.    Kemampuan untuk dapat bekerja dengan sistem self controlled
    Seperti yang sudah kita ketahui, kita dapat menyususn suatu program computer yang  dapat melakukan pemeriksaan atas masukan – masukan yang diterimanya, dan kemudian bertindak atas dasar karakteristik masukan yang diterimanya tersebut sesuai dengan rancangan yang sudah kita siapkan.
5.    Kemudahan – kemudahan lain yang muncul akibat dimanfaatkannya potensi – potensi dasar yang sudah disebutkan diatas.