Pengertian Memori RAM ROM

Memori secara umum dibedakan menjadi 2 macam, yaitu memori yang hanya dap[at dibaca ( ROM- Read Only Memory) dan memori yang dapat dibaca dan ditulisi ( RAM- Random Acces Memory).

ROM merupakan suatu chip  yang berisi program yang dikenal dengan BIOS ( Basic Input Output System), yaitu suatuy set program yang mengontrol transfer informasi antar CPU dan alat masukan / keluaran. Secara umum fungsi BIOS adalah melakukan POST, Boostrap Loader dan antar muka tingkat rendah. POST merupakan pemeriksaan sistem yang dilakukaan oleh komputer sendiri, untuk memastikan komputer dalam keadaan baik sebelum komputer digunakan. Pada POST ini komputer akan memeriksa sistem , melakukan inventarisasi berbagai perangkat yang ada didalam komputer, menghitung drive, port serial, por paralel, dan menghitung jumlah memori. Setelah melakukan POST ini, PC akan melakukanboostrop loader atau yang lebih dikenal dengan booting komputer, yaitu memuat sistem operasi dari disk. Sedangkan pada antar muka tingkat rendah, BIOS bertanggung jawab untuk menyediakan sambungan komunikasi antara keyboard, tampilan video, port serial, paralel untuk processor.

RAM, dalam istikah sehari – hari populer dengan sebutan memori. Memori ini merupakan kertas buramnya komputer. Di RAM inilah ditempatkan data- data dan program yang akan diolah processor. Banyak data dan program yang dapat diolahg processorditentukan oleh banyak memori yang terpasang dikomputer tersebut. Satuan memori diukur dalam byte, kilo byte, dan giga byte ( 1KB= 1024byte, 1 MB = 1024 Kb, 1 GB = 1024 MB).