Pengertian Data dan Informasi

Pengertian data adalah fakta- fakta dan angla- angka yang secara relative tidak memiliki arti bagi pemakai. Data dapat didefinisikan sebagai kenyataan- kenyatan yang menggambargkan sutu kejadian – kejadian. Data  dapat berwujud:

1.       Kumpulan non random symbol, angka, nilai, dsb.
2.       Kumpulan fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan / penelitian.
3.       Kumpulan non random fakta.
4.       Catatan dari suatu kejadian.

Alter (2002) membagi data kedalam beberapa tipe:

1.       Data yang telah terdefinisikan, termasuk di dalamnya data berbentuk numerica atau alphabet atau gabungannya yang memiliki arti dan format khusus yang telah ditentukan untuk mengendalikan proses- proses perhitungan atau transaksi. Contoh: no kartu kredit,tanggal transaksi dll
2.       Text, termasuk didalamnya adalah data berbentuk  numeric  atrau alphabet atau gabungannya tetapi tidsak memiliki format khusus yang telah ditentukan.
3.       Images, data berbentuk gambar
4.       Audio, data berbentuk suara.
5.       Video, gabungan antara data berbentuk gambar dan suara

Jumlah jam kerja tiap pegawai dalam suatu perusahaan adalah suatu data bagi pemilik perusahaan. Jika jumlah jam kerja tiap pegawai tersebut dikalikan dengan upah perjamnya dan dihitung untuk seluruh pegawai maka data tersebut telah berubah mejnjadi total biaya gaji perusahaan. Jumlah biaya gaji tersebut merupakan suatu informasi bagi perusahaan. Jadi pengertian informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memilki arti.